WASPADA FLU BABI






Satu lagi penyakit baru yang muncul setelah Avian Influensa ( flu burung)yang kini menjadi wabah di mexico, yaitu FLU BABI atau swine flu(virus influenza sub tipe H1N1) meskipun virus ini belum masuk ke indonesia tapi kita patut mewaspadainya.

FLU BABI ini secara umum mirip dengan influenza (Influenza like Illness ILI)


dengan gejala-gejala Klinis :
Demam yang muncul tiba-tiba, batuk, nyeri otot, sakit tenggorokan dan kelelahan yang berlebihan. yang juga disertai dengan mual, muntah dan DIare.

Cara penularan virus ini melalui udara dan juga melalui kontak langsung, dengan masa inkubasi 3-5 hari, jadi kita perlu meningkatkan kewaspadaan. wabah flu babi ini merupakan wabah yang serius. Wabah ini juga diyakini akan terus menyebar. Bahkan badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan, flu babi merupakan keadaan darurat kesehatan publik(Public Health Emergency of International Concern/PIHC) yang menjadi keprihatinan internasional.

yang menjadi pertanyaan sekarang dapatkah kita mencegah penyebaran virus ini? agar tidak masuk ke negara kita? sungguh ini suatu pertanyaan yang sangat menghawatirkan kita ditengah maraknya pemberitaan atau temuan BPOM ( Badan Pengawas Obat dan MAkanan)menemukan produk dendeng atau abon sapi yang mengandung daging babi. dan penggantian daging sapi dengan daging babi yang di jual di pasar-pasar tradisional. Sungguh ironis



ads ads