TULUSKAH SENYUMMU ?



Kurang lebih satu minggu ini aku berada di Rumah Sakit menemani keluarga yang lagi dirawat, selama berada dirumah sakit ini berbaur dengan seluruh pasien dan keluargannya yang juga kebetulan dirawat.

ada sebuah penomena klasik yang menjadi perhatian saya terhadap seluruh aktivitas yang terjadi di disini,

suatu pagi datang seorang keluarga pasien dengan wajah yang tegang dengan expresi penuh kecemasan menemui suster/perawat, paramedis atau apalah istilahnya, untuk meminta bantuan agar keluargannya diberikan pertolongan, tapi apa yang dia dapatkan tidak sesuai dengan harapan, suster tersebut dengan wajah yang tak bersahabat berlalu begitu saja."

dan yang aneh ...dirumah sakit tersebut terpajang tulisan " 3 S, SALAM, SENYUM DAN SAPA"

inilah sebagian kecil potret buruk situasi rumah sakit dan pelayanan terhadap pasien.

belum lagi jika pasien tersebut bukanlah pasien umum tapi pasien "JAMKESMAS/JAMKESDA" ASKESKIN atau apalah yang intinya pasien yang tidak mampu secara finansial dan ikut program jaminan kesehatan, bagaimana mereka diperlakukan?

Setelah melewati berbagai macam birokrasi yang sepertinya mempersulit mereka untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, pun ketika lolos dan berhasil memperolehnya ternyata penderitaan dan perjuangan mereka belum berakhir karena masih akan menghadapi berbagai sikap dan karakter para petugas yang "tidak bersahabat".

"masih segar dalam ingatan saya ketika seorang bayi harus terenggut nyawanya dalam pangkuan sang ibu yang lagi antri berjam-jam untuk mendapatkan pelayanan dan menunggu sang bapak yang mencari pinjaman duit untuk membayar biaya administrasi"

lewat tulisan ini saya hanya inigin menitipkan pesan buat rekan yang kebetulan dipercaya dan ditakdirkan untuk menjadi tenaga medis dan paramedis sebagai pemberi pelayanan kesehatan baik dirumah sakit maupun instansi pelayanan kesehatan yang lain...ingatlah sumpah jabatanmu...
Bukankah dalam sumpah jabatan itu anda berjanji unutk untuk "TIDAK MEMBEDA-BEDAKAN PASIEN" ?


ads ads