ASKEP HYPERTIROIDISME



PENGERTIAN :
Hipertiroidisme ( dapat juga disebut Tirotoksikosis) adalah suatu keadaan dimana terjadinya sekresi yang berlebihan dari hormon tiroid yang ditandai dengan adanya pembesaran kelenjar tiroid (goiter) dan adanya exopthalmos.
Anatomi dan fisiologi kelenjar tiroid :
Kelenjat tiroid berbentuk seperti kupu-kupu, terletak di leher, disebelah depan dan samping larynx. Ia disuplai banyak darah, dan mensekresi dua hormon yang mempunyai hubungan erat, yaikni T4 (tetra iodothyronine atau tiroksin) dan T3 (triiodothyronine). Kedua hormon ini penting, yang mengandung zat yodium.

Kerja T4 dan T3 :
Kedua hormon tersebut berpengaruh pada pengaturan metabolisme basal tubuh. Hormon ini meningkat kecepatan metabolisme tubuh (konsumsi oksigen) dan memproduksi panas.
Hormon tiroid penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Dengan mendorong sintesa protein pada beberapa jaringan, termasuk jaringan keras (tulang) dan jaringan lunak (otot), kedua hormon mempengaruhi diferensiasi sel dan pertumbuhan. Hormon tiroid bekerjasama dengan growth hormone.

Hormon tiroid mempengaruhi fungsi jantung dan pembuluh darah, seperti meningkatkan debar jantung, kontraksi serta pengaruh katekolamin pada vasa darah. Dengan demikian tekanan darah cenderung meningkat. Hormon tiraoid juga berpengaruh terhadap fungsi otak dan perilaku, mungkin dengan cara meningkatkan katekolamin pada jaringan saraf.
SELENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD DISINI


ads ads